Apel Gelar Pasukan Jadi Pembukaan Operasi Lilin Mahakam Bontang

Bontang. TNI-Polri bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2020 dalam rangka pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Operasi Lilin Mahakam tersebut dilaksanakan dalam jangka waktu 15 hari, terhitung sejak 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Pelaksanaan Operasi Lilin Mahakam 2020 tersebut merupakan bentuk antisipasi adanya pelanggaran keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kota Bontang, dimana operasi serupa dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia dalam pengamanan natal 2020 daj tahun baru 2021.

Kapolres Bontang AKBP Hanifa Martunas Siringoringo, mengungkapkan jika Apel Gelar Pasukan tersebut dilaksanakan di Bontang dan juga di wilayah seluruh Indonesia dalam hal pengamanan Kamtibmas.

“Untuk wilayah hukum Bontang, Polres Bontang telah menyiapkan pasukan sebanyak 125 personel, dibantu dari TNI Kodim 0908/Bontang sebanyak 25 personel, den Arhanud Rudal sebanyak 25 personel, serta dibantu Pemkot Bontang dan satuan mitra lainnya,” jelasnya.

Selanjutnya Hanifa menjelaskan, bahwa sasaran pengamanan tersebut adalah di tempat-tempat ibadah yang ada di Kota Bontang, dimana dari data yang ada di pihaknya, ada sebanyak 64 Gereja di Kota Bontang, serta 15 Gereja di wilayah Polsek Marang Kayu, dan 14 Gereja di Polsek Muara Badak.

“Selain tempat ibadah, pengamanan juga dilakukan pada masyarakat dan barang bawaan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban, seperti narkoba, minuman keras dan barang membahayakan lainnya. Pasukan gabungan juga akan menjaga seluruh tempat-tempat dan fasilitas umum untuk menjaga Operasi Lilin Mahakam ini berjalan aman, tertib dan kondusif,” pungkasnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0908/Bontang Letkol Arh Choirul Huda menambahkan jika Ketua Satgas COVID-19 Nasional mengeluarkan surat edaran Nomor 3 Tahun 2020 mengenai Peraturan Protokol Kesehatan Umum yang berisi 3 poin utama kewajiban menjalankan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan.

“Menjelang akhir tahun, Natal dan tahun baru 2021 agar masyarakat dapat meminimalisir kegiatan di luar rumah, kami akan terus menegakkan protokol kesehatan dengan cara melaksanakan patroli protokol kesehatan serta  Operasi Lilin Mahakam dengan harapan dan tujuan akan menjaga Kamtibmas, untuk mengurangi angka kriminalitas dan menegakkan protokol kesehatan,” terangnya.

Laporan: Yahya

 

Exit mobile version