Awas! BPBD Ingatkan Gelombang Tinggi Hingga April 2019

Bontang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang meminta masyarakat agar tetap mewaspadai potensi gelombang tinggi di perairan Bontang mengingat sejumlah daerah di Indonesia sedang dilanda hujan deras disertai angin kencang. Gelombang tinggi yang mencapai 1 meter lebih diprediksi akan terjadi hingga bulan April mendatang.

Untuk itu BPBD rutin melakukan pengamatan kepada wisatawan yang ingin berkunjung ke sejumlah objek wisata yang ada di Bontang.

“Kami lakukan pengawsan rutin wisatawan yang berkunjung ke Bontang,” jelasnya pada saat ditemui di pulau beras basah. 

Khusus pulau beras basah telah ditempatkan 10 petugas, 1 petugas standby di pelabuhan Tanjung Laut untuk mengawasi pengunjung yang tidak menggunakan life jacket sedangkan sisanya standby di pulau beras basah untuk melakukan evakuasi bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Disamping itu, pihaknya juga rutin melakukan patroli untuk memantau aktivitas nelayan serta berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) asosiasi nelayan dan OPD terkait.

“Bila ingin melaut harus mengutamakan keselamatan dengan memakai life jacket dan kapal yang memiliki standar kelaikan begitupun dengan daya tampung kapal,” tambah Ahmad Yani. (*) 

 

Laporan: Yuli | Nasrul

 

 

 

 

Exit mobile version