BPS Bontang Lanjutkan Sensus Penduduk 2020 Secara Langsung

Bontang. Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bontang saat ini melanjutkan sensus penduduk yang dilakukan secara langsung, sensus penduduk ini dilaksanakan setelah melakukan sensus secara online pada Februari hingga Maret lalu. Sensus penduduk secara langsung ini, dilaksanakan hingga 30 September 2020.

Dikatakan Kepala BPS Kota Bontang Srie Sis Sugianto, sensus penduduk kali ini lanjutan dari sensus penduduk yang dilakukan secara online, namun dikarenakan masih banyak yang belum melakukan pencatatan sensus secara mandiri online maka dilakukan sensus secara langsung yakni door to door untuk memverifikasi baik warga yang belum melakukan sensus maupun yang telah mengisi sensus secara online melalui Ketua RT warga setempat.

“Jika sensus penduduk ini, dilakukan dengan memberikan formulir C1 bagi warga yang belum melakukan sensus penduduk secara online atau bahkan sama sekali belum. Pemberian formulir dokumen C1 ini, guna untuk membatasi waktu petugas sensus yang melaksanakan tugasnya sehingga petugas tidak melakukan kontak secara berlama-lama sesuai dengan instruksi BPS pusat yang dilaksanakan secara serentak pada bulan September di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Selanjutnya Srie mengungkapkan untuk petugas sensus yang ada sebelumnya, dilakukan perekrutan secara online dengan dilakukan tes secara virtual, dimana petugas sensus yang terpilih telah memenuhi syarat. Selain itu seluruh petugas yang ada wajib melakukan rapid tes sebagai salah satu syarat menjadi petugas sensus.

“Untuk petugas sensus yang melaksanakan tugasnya mendatangi Ketua RT untuk memverikasi warga yang kemudian mendatangi masing-masing warga yang akan ditanyakan mengenai data kepala keluarga dan anggota keluarga, yang juga nantinya akan memetakan posisi rumah masing-masing kepala keluarga,” terangnya.

Diinformasikan, sensus penduduk kali ini dilaksanakan secara serentak untuk seluruh kabupaten/kota di Indonesia, termasuk di Kota Bontang yang dilaksanakan pada bulan September 2020 dengan petugas sensus di Kota Bontang sebanyak 108 petugas sensus.

Laporan: yahya