Disnaker Catat 44.429 TK Berhak Atas Bantuan Pemerintah

Bontang. Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bontang mencatat ada sebanyak 44.429 Tenaga Kerja (TK) yang ada di Bontang yang telah terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) yang memiliki  gaji di bawah Rp.5.000.000. Data tersebut merupakan data yang telah diberikan hingga 1 September 2020, dimana seluruh pekerja yang terdata akan menerima bantuan pemerintah.

Dikatakan Kepala Seksi (Kasi) pencegahan dan penyelesaian perselisihan hubungan industrial Anang Prastowo saat ditemui beberapa waktu lalu bahwa data yang ada ini diberikan kepada kementerian yang sebelumnya telah mendaftar yang dilakukan hingga 25 Agustus 2020. Anang menambahkan bahwa dari data tenaga kerja yang ada ini tetap harus memenuhi syarat yang dimaksudkan pemerintah untuk mendapatkan bantaun.

“Data tenaga kerja yang ada bisa lebih dari data yang tercatat, ini disebabkan tenaga kerja tidak mendaftarkan diri atau tidak mengetahui mengenai pendafataran bantuan pemerintah. Selain itu, BPJAMSOSTEK telah mensosialisasikan terkait bantuan ini kepada perusahaan – perusahaan, dengan data yang tercatat ini sebagai data representasi data tenaga kerja yang ada di bontang dengan gaji di bawah Rp.5.000.000,” jelasnya.

Diakhir, Anang juga berharap dengan bantuan yang diberikan dari pemerintah saat masa pandemi bisa membantu bagi tenaga kerja yang ada di Bontang.

Laporan: Yahya