DPRD Pertanyakan Keseriusan Pemerintah Manfaatkan Air Permukaan

Bontang. Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang Amir Tosina, mempertanyakan langkah kongkrit Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang dalam mempercepat pemaanfaatan air permukaan bekas tambang, sebagai air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Bontang.

Amir menilai, hingga kini belum ada upaya nyata yang dilakukan Pemkot Bontang untuk mewujudkan pemanfaatan air permukaan. Padahal menurutnya, keseriusan pemerintah sangat penting guna memastikan usulan pemanfaatan air permukaan pada bekas galian tambang batu bara tersebut dapat terwujud dalam waktu dekat.

“Saya mendesak Pemerintah Kota Bontang dalam hal ini yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota serta Dinas Lingkungan Hidup untuk bergerak cepat mengakomodir wacana pemanfaatan air permukaan bekas galian tambang,” ungkapnya.

Bahkan Amir meminta pemerintah untuk segera membuat kajian untuk mengukur kelayakan air permukaan tersebut.

Sementara itu, dalam 2 minggu ke depan Komisi III DPRD Kota Bontang berencana akan kembali memanggil PDAM dan OPD terkait untuk menagih keseriusan atau langkah kongkrit dalam menindaklanjuti pemanfaatan air permukaan pada bekas galian tambang batu bara.

Laporan: Sary | Faisal