Idul Adha 1441 H, BPUI Pupuk Kaltim Potong 180 Hewan Qurban

Bontang. Pelaksanaan pemotongan kurban Idul Adha 1441 H bagi umat muslim yang dilaksanakan oleh PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk kaltim) dipusatkan di area pemotongan hewan kurban Masjid Baiturrahman, Masjid Fathul Khoir BSD dan Masjid Al Furqon BTN untuk kurban sapi, sementara untuk kambing dilaksanakan di masing-masing Masjid dimana para muqorib menyerahkan hewan kurbannya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (1/8/2020).

Panitia qurban melakukan pemotongan hewan qurban yang diawali dengan penyerahan sapi milik Direktur Utama Pupuk Kaltim Bakir Pasaman kepada panitia qurban. Sapi seberat 520kg diserahkan oleh Staf diretur Utama Pupuk Kaltim Ansorullah, yang disaksikan Manager Humas Pupuk Kaltim Wahyudi, kepada panitia idul qurban 1441 H di Masjid Baiturrahman.

Pengurus BPUI Pupuk Kaltim yang sekaligus merupakan ketua panitia Idul Qurban Masjid Raya Baiturahaman Tathit Surya Arjanggi mengatakan, pada tahun 2020 jumlah hewan qurban yang di terima oleh panitia qurban dalam bursa hewan kurban sebanyak 103 ekor sapi dan 77 ekor kambing sehingga total hewan kurban yang diperoleh adalah 180 ekor. Jumlah tersebut meningkat dari yang didapatkan pada tahun sebelumnya.

Dijelaskannya bahwa pendistribuan daging akan dilakukan dari 4 Masjid yaitu Masjid Baiturrahman, Masjid Fathul Khoir, Masjid Al Mubarokah dan Masjid Al Furqon ke daerah di sekitar Pupuk Kaltim. Kegiatan pendistribusian hewan qurban kepada para mustahiq disalurkan ke daerah Kelurahan Guntung, Sidrap, Loktuan, Pulau Gusung, Sempayang, Kelurahan Belimbing, Telihan, Kanaan, Jl. Poros Sangatta, Kelurahan Api-Api dan Gunung Elai.

Dalam pendistribusian daging kurban kepada mustahiq, panitia juga bekerja sama dengan Departemen Humas, CSR, JVC, Anak Perusahaan, RS PKT dan Mitra Perusahaan lainnya agar pendistribusian tepat sasaran dan tidak tumpang tindih. Sebagian lain juga kami distribusikan ke daerah luar Kota Bontang dan beberapa lembaga di Kota Bontang yang mengajukan permintaan kepada panitia.

“Kami sangat berterima kasih kepada para muqorib yang telah menunjukan kepedulian sosialnya kepada sesama umat islam di masa pendemi ini, dimana saat ini terjadi peningkatan hewan kurban yang membuktikan bahawa kepedulian sosial warga Bontang semakin meningkat pada saat pandemi seperti ini,” ungkapnya.

Dilanjutkan oleh Tathit bahwa proses pemotongan kurban tahun ini mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan untuk pencegahan COVID-19, dimana para petugas pemotongan hewan kurban menggunakan masker, menjaga jarak, dan diperiksa suhu tubuhnya ketika memasuki area pemotongan.

“Dan warga yang bisa melihat prmotongan kurban pada tahun ini kami batasi hanya muqorib saja yang ingin melihat hewan kurbannya disembelih dengan menunjukan bukti bahwa mereka berkurban di sini, sementara untuk warga umum tidak bisa ikut menyaksikan pemotongan kurban seperti tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.

Sementara itu Manager Humas Pupuk Kaltim Wahyudi berharap di kondisi pandemi COVID-19 ini, daging dari hewan kurban dapat didistribusikan dan menjadi manfaat untuk sodara-sodara kamu muslim yang membutuhkannya, sehingga dapat ikut pula merasakan kebahagiaan di Hari Raya Idul Adha 1441 H ini.

“Kurban ini merupakan salah satu ibadah yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim Alaihis Salam, semoga dengan ibadah kurban ini maka akan meningkatkan ketakwaan kita semua akan semakin meningkat,” pungkasnya.

Laporan: Rudy