Idul Adha 1441 H, BPUI Pupuk Kaltim Terima 180 Ekor Hewan Qurban

Bontang. Meski ditengah pandemi COVID-19, ratusan umat muslim di Kota Bontang, khususnya warga perumahan BTN dan gang swakarya pada Jumat (31/7/2020) memadati Masjid Raya Baiturrahman untuk melaksanakan Sholat Idul Adha 1441 Hijriah.

Sebelum masuk masjid, jamaah yang dengan sadar telah menggunakan masker dan membawa sajah dari rumah, satu persatu di data dan di cek suhu tubuhnya guna memastikan jamaah yang hadir dalam kondisi sehat. Setelah itu para jamaah diarahkan oleh panitia  untuk menempati shaf sholat yang telah diatur jaraknya agar aman dari penularan COVID-19.

Pengurus BPUI PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) yang sekaligus merupakan ketua panitia Idul Qurban Masjid Raya Baiturahaman Tathit Surya Arjanggi, dalam sambutanya mengatakan walaupun saat ini dalam masa pandemi COVID-19 ia berharap umat muslim mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,  dengan senantiasa berdoa dan melakukan ikhtiar dalam menghadapi wabah COVID-19 .

Selain itu Tathit juga melaporkan jumlah penerimaan hewan qurban Masjid Raya Baiturrahman dari para muqorib, yang tahun ini  telah terkumpul sebanyak 180 ekor , terdiri dari 103 ekor sapi, dan 77 ekor kambing.

“Pemotongan hewan qurban Masjid Raya Baiturrahman akan dilaksanakan pada  Sabtu (1/8/2020) di area pemotongan hewan Masjid Raya Baiturrahman dengan protokol kesehatan dan pencegahan COVID-19 yang ketat, kami selaku panitia menyampaikan permohonan maaf kepada warga, karena untuk tahun ini warga tidak diijinkan untuk melihat dan mendekati area pemotongan, kecuali muqorrib,” jelasnya.

Lebih lanjut Tathit mengatakan, kegiatan pendistribusian daging hewan qurban kepada para mustahiq nantinya akan disalurkan melalui 4 masjid yang ada di lingkungan Pupuk Kaltim, yaitu Masjid Baiturrahman, Masjid Al-Furqon,  Masjid Fathul Khoir, dan Masjid Al-Mubarakah, dengan total mustahiq hasil survey adalah 5145 kepala keluarga.

“Selain kepada para mustahik tersebut sebagian daging kurban juga akan  distribusikan ke daerah luar Kota Bontang dan beberapa lembaga di Kota Bontang yang mengajukan permintaan kepada panitia,” pungkasnya.

Laporan: Mansyur