Idul Adha 1441 H, Yabis Potong 8 Ekor Sapi dan 5 Ekor Kambing Qurban

Bontang. Perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Yayasan Yabis Bontang, pada Minggu (2/8/2019) berhasil mengumpulkan hewan qurban dari 59 muqorib sebanyak 8 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan di halaman aula yabis ini disaksikan langsung oleh para muqorib yang merupakan keluarga besar dari Yayasan Yabis, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Dijelaskan Abdul Azis selaku Ketua Panitia Kurban,  pada Idul Adha tahun ini penyelangaraan pemotongan hewan kurban yang dilakukan agak berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya karena kondisi pandemi COVID-19. Dia mengatakan bahwa untuk tahun ini hanya beberapa tamu saja yang diundang untuk menyaksikan pemotongan hewan kurban tersebut, dan seluruh tamu serta panitia yang ikut dalam kegiatan tersebut diminta untuk mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan diperiksa menggunkan termogun.

“Semua daging hewan qurban tersebut nantinya akan di bagikan kepada para mustahiq sebanyak 647 penerima, dan untuk para muqorib yang telah menyisihkan sebagian dari rejekinya untuk berqurban semoga tahun depan dapat kembali berqurban melalui kami di Yabis dan semogga Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan balasan yang berlimpah untuk mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Yabis Muslim Arsyad menyampaikan bahwa ibadah kurban merupakan salah satu contoh ibadah yang benar-benar menguji keimanan dan rasa cinta Nabi Ibrahim. Apakah lebih condong kepada anaknya Ismail atau Allah Subhanahu Wa Ta’ala ketika diminta untuk mengurbankan anaknya sendiri.

Peristiwa tersebut merupakan gambaran cinta yang tulus dan ketaatan yang tinggi seorang hamba kepada Rabbnya sampai merelakan anaknya sendiri untuk dikorbankan demi menjalankan perintah Rabbnya. Karena Nabi Ibrahim sendiri yakin bahwa Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang dan Allah Maha Adil sehingga ia yakin bahwa Allah tidak akan mencelakakan dan mendhalimi hamba-Nya. Dan semua itu terbukti, ketika Nabi Ibrahim bersiap-siap untuk menyembelih anaknya, seketika Allah mengirimkan seekor qibas yang menggantikan Nabi Ismail.

“Saya berterima kasih kepada seluruh muqorib yang berqurban melalui Yabis, walaupun ada penurunan dari tahun sebelumnya, tetapi hal ini tetap membuktikan bahwa semangat teman-teman untuk melakukan ibadah qurban tidak menurun dan tetap memberikan kepercayaannya kepada kami. Dan nantinya daging qurban ini akan disalurkan ke seluruh wilayah yang ada di Kota Bontang,” jelasnya.

Acara ditandai dengan penyerahan hewan kurban secara simbolis, berupa penyerahan 1 ekor sapi dari muqorib kepada Ketua Yayasan Yabis Muslim Arsyad yang kemudian diterima oleh ketua panitia kurban dan di lanjutkan pemotongan hewan qurban.(Adv)

Laporan: Rudy