Hut-Kaltim-2022

Kemenag Minta Masyarakat Waspadai Travel Umroh Ilegal

  • Share
Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Bontang Najmuddin Tamini (FOTO: Rudy/PKTV)

Bontang. Kantor Kementerian Agama Kota Bontang meminta masyarakat untuk lebih cermat dan teliti dalam memilih biro travel haji dan umrah, dengan memastikan izin dari biro tersebut. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak mudah termakan iming-iming harga promo maupun keberangkatan kilat, agar tidak menjadi korban oknum yang tak bertanggungjawab.

Imbauan ini disampikan Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umroh Kementrian Agama (Kemenag) Bontang Najmuddin Tamini pada saat ditemui di Kantornya pada Jumat (14/01/2022). Najmuddin menyampaikan imbauan tersebut karena Pemerintah Republik Indonesia telah resmi membuka kembali pintu keberangkatan jamaah umrah sejak 8 Januari lalu, setelah hampir 2 tahun ditutup akibat pandemi covid-19.

Dikhawatirkan, keputusan pemerintah ini akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan membuka travel haji dan umroh ilegal dengan penawaran pemberangkatan dengan biaya murah dan berbagai iming-iming lainnya yang menggiurkan.

“Untuk memastikan apakah travel umroh yang dipilih benar beroperasi sesuai aturan dan izin masih berlaku, saya menghimbau masyarakat untuk mendowload aplikasi umroh pintar di google play dan melakukan pengecekan apakah travel haji dan umroh yang mereka pilih terdaftar di sana dan ijinnya masih berlaku,” tegasnya.

Sementara itu, data terbaru untuk pembiayaan umrah paling murah di tengah kondisi Covid-19 dari Kemenag Pusat adalah sebesar Rp.28.000.000. Angka tersebut belum termasuk biaya tambahan tes PCR dan karantina di jakarta. Olehnya, masyarakat diminta untuk waspada jika ada agen travel yang menawarkan harga lebih murah dari nominal tersebut.

Writer: Sary
Banner-Mitros-web-ok
  • Share