Hut-Kaltim-2022

Pasien Luar Kota Utang Sebesar Rp 37 Juta ke RSUD Taman Husada

  • Share

Bontang. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Kota Bontang mengungkapkan, pasien luar kota yang berasal dari Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) hingga kini masih memiliki utang sebesar Rp.37.000.000 yang harus dibayarkan kepada pihaknya. Utang tersebut merupakan gabungan dari biaya pelayanan beberapa pasien yang terakumulasi sejak 31 Agustus 2020 hingga 27 April 2021.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Bontang dr Suhardi menjelaskan, sebenarnya nilai utang pasien luar kota yang tidak memiliki jaminan kesehatan tersebut mencapai angka ratusan juta rupiah, namun pihaknya selalu mencarikan cara agar para pasien dari luar kota bisa membayar tagihan mereka dengan meminta bantuan dari beberapa pihak seperti baznas hingga csr perusahaan untuk mengcover biaya pengobatan para pasien tersebut. Meski demikian, bantuan dari baznas dan csr perusahaan tetap tidak bisa mengcover seluruh biaya pelayanan pasien. olehnya, masih tersisa Rp.37.000.000.

“Angka Rp.37.000.000 ini sudah jauh menurun jika dibandingkan dengan periode lima tahun sebelumnya yang mencapai angka Rp.1.300.000.000. Dimana besarnya angka tersebut dikarenakan banyaknya pasien luar kota yang masih belum tercover jaminan kesehatan pada saat itu,” jelasnya.

Ditambahkan Suhardi, berdasarkan aturan, kondisi pasien yang darurat wajib dilayani terlebih dahulu dengan mengesampingan masalah pembiayaan. Selain itu, pasien yang bukan warga bontang juga wajib untuk dilayani. Dan untuk mengatasi permasalahan ini, ke depan langkah yang diambil yakni berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim dan Kukar untuk dapat membayarkah tagihan tersebut, mengingat utang tersebut merupakan kewajiban yang harus ditunaikan dan diselesaikan oleh kedua Pemkab.

Writer: Sary
Banner-Mitros-web-ok
  • Share