Sekda Ingatkan ASN Disiplin Pakai Masker

Bontang. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota Bontang Aji Erlynawati, mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk selalu menggunakan masker kapanpun dan dimanapun berada.

Peringatan tersebut disampaikannya menyusul dengan ditemukannya beberapa ASN yang tidak menggunakan masker di tengah lonjakan kasus COVID-19 yang terus terjadi di Kota Bontang.

Ditemui usai menyaksikan penampilan siswa Bontang dalam Ajang Bertutur Tingkat Nasional di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Aji mengaku menyayangkan sikap ASN yang nakal tidak menggunakan masker saat berada di lingkungan kantor, padahal menurutnya penggunaan masker penting dilakukan sebagai upaya preventif dalam mencegah penyebaran virus corona. Terlebih beberapa asn yang sebelumnya kedapatan tidak menggunakan masker bertugas di Organisasi perangkat Daerah (OPD) yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

“Saya menilai sebagai ASN sebaiknya wajib memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, lantaran segala tindak tanduk , sikap dan kepribadian ASN selalu diperhatikan oleh masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Lebih lanjut Aji menyampaikan, untuk meminimalisir pelanggaran pihaknya telah mengirimkan surat kepada seluruh kepala OPD agar dapat memperingatkan dan memantau bawahannya untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan hingga menjaga jarak.

“Nantinya jika masih ditemukan adanya ASN yang bandel tidak menerapkan protokol kesehatan baik di lingkungan kantor maupun di luar lingkungan kantor, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan Perwali Nomor 21 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan yang sudah mulai diterapkan sejak akhir Agustus lalu,” tegasnya.

Laporan: Sary | Faisal