Komisi 1 DPRD Minta Pemerintah Siapkan Transportasi Khusus Bagi Pelajar

Bontang. Banyaknya pelajar yang ditilang lantaran menggunakan sepeda motor tanpa memiliki surat izin mengemudi, mendapat perhatian khusus dari Anggota Komisi 1 DPRD Kota Bontang, Bilher Hutahaean.

Bilher merasa prihatin, lantaran banyaknya pelajar yang berani menggunakan kendaraan, meski masih dibawah umur dan belum memiliki izin mengemudi.
Hal ini menurutnya sangat memerlukan sinergi antara orangtua dan pemerintah. Guna pengawasan dan perhatian yang lebih intensif bagi generasi muda Bontang.

Peran orangtua dalam hal ini mengawasi anak, dan pemerintah diharapkan dapat menyiapkan sarana transportasi khusus bagi pelajar. Sehingga tidak ada lagi pelajar yang bisa membawa kendaraan untuk bersekolah.

“Perlu untuk dilakukan langkah seperti itu, sehingga orangtua memiliki peran sendiri dirumah. Serta Pemerintah dalam hal fasilitas sekolahnya,” ungkap Bilher.

Selain itu, faktor lain yang mendorong pengadaan transportasi ini menurut Bilher, mengingat banyaknya sekolah yang tidak memiliki akses kendaraan umum. Sehingga mau tidak mau, sebagian siswa diharuskan membawa kendaraan sendiri.

“Itu faktor lainnya, maka perlu dipikirkan oleh Pemrintah untuk solusinya. Kalau dari kami (Dprd), solusi transportasi itu yang bisa dilakukan dalam waktu dekat,” tambahnya.

Seperti diketahui, dalam operasi patuh yang dilakukan pasa Selasa (24/5/2016), puluhan pelajar kedapatan membawa kendaraan tanpa memiliki kelengkapan surat berkendara yang lengkap. Terutama Surat Izin Mengemudi (SIM). Sehingga membuat Satlantas Polres Bontang bertindak dengan melakukan tilang bagi kendaraan-kendaraan tersebut. (*)

 

Laporan : Yuli & Nasrul

Editor : Maya Ch