Kesbangpol Samarinda Gelar Pelatihan Teknis PAM TPS untuk Persiapan Pilkada

Samarinda. Dalam rangka persiapan Pilkada serentak yang akan datang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Samarinda menyelenggarakan pelatihan teknis bagi petugas pengamanan dan ketertiban tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Samarinda Seberang. Acara ini bertujuan mematangkan persiapan dan memastikan keamanan serta ketertiban pelaksanaan Pilkada.

Pelatihan ini berlangsung di Hotel Harris Samarinda dan dihadiri oleh Plt. Walikota Samarinda, perwakilan Kapolres Samarinda, Satpol PP, Bawaslu, KPU Kota Samarinda, Camat Samarinda Seberang, serta ratusan petugas pengamanan TPS yang telah terpilih. Acara serupa juga akan digelar untuk seluruh kecamatan di Kota Samarinda.

Miftahurrizqa, Sekretaris Kesbangpol Kota Samarinda, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya berkelanjutan dalam menjaga keamanan dan kelancaran pemilu. Ia berharap, selain mengamankan TPS, petugas dapat memahami tugas masing-masing secara menyeluruh.

“Saya harap masyarakat bisa lebih antusias menggunakan hak pilihnya, mengingat rendahnya partisipasi pada pemilu sebelumnya,” ucapnya.

Sementara itu, Arif Rahman dari KPU Kota Samarinda menambahkan, partisipasi petugas keamanan dari masyarakat diharapkan dapat menciptakan suasana yang aman dan tertib selama proses pemungutan suara berlangsung.

“Pelatihan teknis bagi petugas pengamanan TPS ini diadakan di setiap kecamatan di Samarinda, sebagai bagian dari kesiapan menyeluruh untuk menyukseskan Pilkada di Kota Samarinda,”pungkasnya.

Writer: Hendrikus Gantur