Disdamkartan Bontang Selamatkan Kucing Terjebak 4 Hari di Pohon

Bontang. Tugas Pemadam Kebakaran (Damkar) tidak hanya menjinakkan amukan api, tetapi juga membantu warga bahkan binatang yang mengalami kesulitan. Mereka dapat dipanggil sewaktu-waktu saat dibutuhkan.

Seperti yang terjadi pada Kamis (8/8/2019) malam, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) kota Bontang melakukan penyelamatan terhadap seekor kucing yang terjebak di atas pohon di kawasan Jalan Bhayangkara, Kecamatan Bontang Utara.

Kucing tersebut diketahui sudah berada di atas pohon dengan ketinggian 15 meter selama 4 hari lamanya. Kesigapan dari petugas Rescue Disdamkartan, berhasil menyelamatkan kucing malang yang terjebak itu.

Petugas Disdamkartan membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam hingga akhirnya berhasil mengevakuasi kucing belang berwarna kuning dan putih tersebut. Kondisi lokasi yang gelap dan tinggi menjadi kendala yang dihadapi petugas, sehingga mau tidak mau petugas pun terpaksa memanjat pohon untuk menurunkan kucing yang terjebak di ranting pohon.

KUCING YANG TERJEBAK SELAMA 4 HARI DI ATAS POHON ITU DIBERI NAMA METO (FOTO:YULI/PKTV)

Salah satu Petugas Rescue Disdamkartan, Arwan yang turut serta dalam penyelamatan kucing tersebut menyebutkan bahwa dari beberapa kali pihaknya melakukan penyelamatan terhadap binatang, menurukan kucing dari ketinggian 15 meter yang mereka lakukan tersebutlah yang paling menantang.

“Kita modal nekat saja, tapi tetap memperhatikan keamanan, karena pakai galah tidak bisa jadi harus panjat pohon,” jelasnya.

Dalam evakuasi tersebut, Disdamkartan menurunkan 15 orang personilnya. Kondisi kucing saat dievakuasi mengalami trauma. Namun karena kesigapan dan keahlian dari petugas, tak selang berapa lama, kucing yang diberi nama Meto itu, dapat kembali pulih dan aktif kembali. 

Laporan: Yuli

 

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.