Disnaker Bontang Buka Posko Pengaduan THR

Kepala Disnaker Kota Bontang Ahmad Asnem (FOTO: Yahya/PKTV)

Bontang. Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Bontang akan membuka posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan bagi pekerja dan buruh. Nantinya posko ini akan dibuka selama Bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri.

Hal tersebut sesuai dengan surat edaran Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Tahun 2021 yang ditujukan kepada Gubernur dan diteruskan kepada Kantor Ketenagakerjaan Kabupaten, Kota.

Kepala Disnaker Kota Bontang Ahmad Asnem mengatakan pembentukan posko aduan tersebut berdasarkan suarat edaran dari Kementerian Ketenagakerjaan dan saat ini Disnaker Kota Bontang telah membuka posko untuk pengaduan yang didirikan di Kantor Disnaker kota bontang.

“Posko ini akan dibuka hingga hari raya, dan tunjangan hari raya ini harus diselesaikan perusahaan sebelum hari raya berlangsung,” jelasnya.

Selanjutnya Asnem mengatakan, terkait aduan kasus maka pekerja yang merasa dirugikan bisa langsung ke Disnaker dan sudah merupakan tugas Disnaker untuk mengingatkan perusahaan untuk menunaikan kewajiban dalam memberikan tunjangan hari raya keagamaan.

“Dalam hal aduan pekerja, buruh akan mengadukan ke dinas ketenagaankerjaan, yang nantinya dinas ketenagakerjaan akan melakukan monitoring ke perusahaan–perusahaan  dalam hal kesesuai perusahaan membayarkan tunjangan hari raya atau tidak, sesuai dengan surat edaran kementerian ketenagakerjaan,” terangnya.

Asnem berpesan kepada perusahaan–perusahaan agar menjalakan Surat Edaran Kementerian Ketenagakerjaan yang harus dilaksanakan oleh perusahaan dengan memberikan lebih awal THR maksimal 7 hari sebelum hari raya.

Laporan: Yahya

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.