Disnaker dan BLK Samarinda Gelar Pelatihan Calon Koordinator Pemagangan Perusahaan

Bontang. Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Bontang bersama Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda mengadakan Pelatihan Koordinator Pemagangan Bagi HRD / Staf dan Koordinator di perusahaan.

Pelatihan tersebut dilaksanakan pada Senin (30/9/2019), bertempat di Hotel Bintang Sintuk dengan diikuti 50 peserta yang berasal dari Samarinda sebanyak 11 orang, Balikpapan sebanyak 16 orang, Bontang sebanyak 21 orang, Muara Badak 1 orang, dan Kutai Timur (Kutim) 1 orang.

Dalam laporannya, Kepala Seksi (Kasi) Penyelengga BLK Samarinda Kukuh Eko Suhartono, mengatakan bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatan pemetaan potensi dan kompetensi.

“Yang akan ditindaklanjuti dengan pengadaan administrasi dan pengorganisasian dalam pencapaian kinerja, menyiapkan koordinator pemagangan bagi perusahaan tempat bekerja peserta yang kompeten dan profesional,” jelasnya.

Senada dengan Kukuh, Pemateri dari Instruktur dan Tenaga Kerja Pelatihan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Suyadi mengatakan, Sebagai output dari pelatihan SDM kompeten yaitu dengan ciri–ciri dapat diminati oleh perusahaan sebagai koordinator selama membimbing peserta pemagangan di perusahaan.

Sementara itu, Kepala Disnaker Bontang Ahmad Aznem yang membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pelatihan koordinator magang tersebut sejalan dengan pemerintah yang memiliki visi smart city yang juga termasuk di dalamnya creative city.

Aznem juga mengatakan bahwa pelatihan tersebut sejalan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang yang beberapa waktu lalu telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama beberapa perusahaan yang ada di Bontang mengenai peningkatan dan pengembangan kualitas sdm bagi pencari kerja.

“Pelatihan bagi staf perusahaan untuk menjadi koordinator pemagangan sejalan dengan MoU yang telah ditandatangi beberapa waktu yang lalu. Pelatihan–pelatihan seperti ini memang sudah diprogramkan oleh pemerintah pusat dimana ada 30 program pemerintah pusat dengan 17 program diataranya ada di BLK Samarinda,” pungkasnya.

Laporan: Yahya | Faisal

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.