Hut-Kaltim-2022

Distributor Center dan 50 Kios Zmart Se-Kota Bontang Diresmikan

  • Share
Penyerahan bantuan secara simbolis dari oleh Asisten 1 Pemkot Bontang M. Bahri kepada salah satu perwakilan mustahik pada Grand Opening Zmart (FOTO: Mansyur/PKTV)

Bontang. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bontang menggelar Grand Opening Distributor Center (DC) Zmartd an sekaligus meresmikan 50 kios Zmart se-Kota Bontang, di Jalan Patimura Kelurahan Api-Api Kecamatan Bontang Utara, pada Selasa (14/12/2021). Launcing DC Zmart ditandai dengan pemotongan pita oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Bontang M Bahri, yang turut disaksikan Camat Bontang Utara Sutrisno, perwakilan Kementrian Agama Bontang, pewakilan Dinas Koperasi UKM-P, Lurah Api-Api dan perwakilan BPJS Ketenagakerjaan.

Ketua Baznas Bontang Kuba Siga mengatakan, DC Zmart yang telah diresmikan ini akan menjadi pusat pembinaan dan pengawasan terhadap Zmart se-Kota Bontang dimana saat ini sudah terdapat  70 kios Zmart yang tersebar di Kota Bontang, yakni 20 kios dari program Zmart 1 tahun 2020 lalu, dan 50 kios dari program Zmart 2 pada tahun 2021 ini.

“Dari 70 kios Zmart tersebut hanya kios di program Zmart 2 yang bisa dilakukan pengawasan dan pembinaan secara online,” jelasnya.

Lebih lanjut kuba mengatakan, dengan adanya DC ini, harga disemua toko Zmart akan bisa lebih bersaing murah dengan toko-toko dan mini market besar lainya, mengingat DC Zmart melakukan penyetokan barang dalam jumlah banyak, sehingga harga barangpun akan lebih murah.

“Nantinya selurh kios Zmart se-Kota Bontang suplai barangnya akan dilakuan lewat DC yang baru diresmikan ini,” terangnya.

Dalam acara launching DC Zmart ini, juga sekaligus diresmikan 50 kios Zmart tahun 2021, yang ditandai dengan penyerahan simbolis bantuan senilai Rp.1.900.000.000 untuk 50 mustahik oleh Asisten 1 Pemkot Bontang M. Bahri kepada salah satu perwakilan mustahik.  Mewakili pemerintah, M Bahri sangat mendukung program Zmart, dan iapun mengajak seluruh aparatur sipil negara agara dapat berbelanja di kios Zmart, mengingat kios-kios tersebut merupakan milik bersama.

“Karena berasal dari dana zakat umat, terutama Aparatur Sipil Negara Pemkot Bontang yang 2,5% gajinya setiap bulan langsung di potong zakatnya untuk disalurkan lewat Baznas Bontang,” ungkapnya.

Untuk diketahui, program Zmartmerupakan program pemberdayaan mustahik yang dilakukan Baznas Kota Bontang dengan berkolaborasi dengan Baznas Kaltim, dimana dalam program ini mustahik mendapatkan bantuan kurang lebih masing-masing Rp.47.955.000, yakni Rp.38.000.000 dari Baznas Bontang  yang diberikan dalam bentuk modal usaha, pemberian branding dan bedah kios dan Rp.9.955.000 dari Baznas Kaltim diberikan dalam bentuk perlengkapakn kasir, seperti meja, komputer, scan barcode , printer nota dan laci kasir.

Writer: Mansyur
Banner-Mitros-web-ok
  • Share