Garda Isoman Kelurahan Loktuan Harapkan Bantuan Pemerintah

Bontang. Dalam menjalankan fungsi Garda Isoman di Kelurahan Loktuan, Lurah Loktuan M Takwin selalu berkoordinasi dengan relawan garda terdepan yang terdiri dari Ketua RT dan perangkat RT. Relawan Garda Isoman terus melaporkan situasi yang terjadi di masing–masing RT. Setelah data didapatkan dari Relawan Garda Isoman, Kelurahan Loktuan memetakan wilayah dari hasil laporan data yang di dapat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang.

Takwin menjelaskan dari infografis yang dibuat Kelurahan Loktuan per masing–masing RT akan menjadi acuan dari tim Garda Isoman melaksanakan tugas. Saat ini Garda Isoman yang ada di Kelurahan Loktuan tetap berjalan untuk memantau pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri.

“Untuk bantuan yang diberikan berasal dari perusahaan yang disalurkan ke Dinas Sosial, kemudian diberikan ke relawan Garda Isoman untuk dibagikan kepada pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri,” jelasnya.

Lebih lanjut, Takwin mengatakan bahwa Relawan Garda Isoman untuk menjalankan tugas dalam memantau warga yang isoman, Garda Isoman dibekali data untuk dapat memberikan bantuan keperluan bagi yang sedang menjalani isolasi mandiri baik dari pemerintah maupun dari bantuan organisasi masyarakat sukarela.

“Garda isoman sendiri telah terbagi dan tersebar disetiap RT yang ada di kelurahan loktuan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua RT dan Relawan Garda Isoman RT 11 Kelurahan Loktuan Jajuli, mengatakan dirinya sebagai relawan garda isoman selalu berkoordinasi dengan kelurahan baik untuk pemberian kebutuhan bagi warga yang isoman, dirinya juga selalu memonitor bagi warga isoman agar jangan sampai yang sedang menjalani isoman bisa keluar rumah.

“Bantuan bagi kebutuhan warga isoman diberikan dari perusahaan dan sukarela oleh warga – warga. Untuk warga RT 11 yang sedang isolasi mandiri ada 3 orang yang tetap dipantau untuk perkembangan kesehatan. Jika ada warga yang sedang isoman, saya selalu aktif melaporkan ke pihak kelurahan,” jelasnya.

Jajuli berharap kepada pemerintah untuk memberikan bantuan operasional bagi relawan garda isoman. Dimana untuk relawan garda isoman sendiri tidak memiliki anggaran untuk relawannya.

Laporan: Yahya

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.