Hari Peduli Sampah, PT KNI Inisiasi Kegiatan Bersih-Bersih Taman Wisata

Bontang. PT Kaltim Nitrat Indonesia (KNI), menginisiasi kegiatan kerja bakti atau bersih-bersih Wisata Mangrove Berbas Pantai,  Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang selalu diperingati setiap tanggal 21 Februari.

Pada kegiatan yang dilaksanakan hari Sabtu (22/2/2020) tersebut, perwakilan manejemen PT KNI, Bakat Subroto Hadi mengatakan, kegiatan yang berkolaborasi dengan Laskar Taman Nasional Kutai (TNK) dan instansi pemerintah terkait tersebut, selain untuk memperingati hari peduli sampah nasional, juga merupakan salah satu bentuk kepedulian PT KNI terhadap  lingkungan.

“Kerja bakti  ini difokuskan terhadap pemungutan sampah plastik, mengingat sampah plastik sangat sulit di proses oleh alam,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Balai TNK Nur Patria, selaku pembina Laskar TNK, mengaku senang bisa berpartisipasi bersama PT KNI dalam kegiatan bersih-bersih tersebut, mengingat sampah merupakan musuh bagi tanaman mangrove karena dapat mengganggu nafas akar.

Apresiasi juga disampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang melalui Kepala Seksi Pengembangan Objek Wisata Dan Ekonomi Kreatif Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Bontang Muhamad Dedi Aryanto, dan Kasi Trantib Kecamatan Bontang Selatan  Raden Irawan .  

Mereka memberikan apresiasinya karena menilai kegiatan tersebut sangat membantu  mewujudkan Sapta Pesona di Kota Bontang.  Selain itu, dengan kegiatan tersebut juga diharapkan  dapat menggerakan kelurahan maupun RT-RT untuk membersihkan lingkunganya. 

Selain melibatkan Laskar TNK, Instansi Pemerintah yang terdiri dari Disporapar, Kelurahan Besbas Pantai, Kecamatan Bontang Selatan, dan Dinas Lingkungan Hidup,  kegiatan bersih-bersih tersebut juga melibatkan  remaja mesjid dan siswa yang ada disekitar Taman Mangrove Berbas Bantai.

Dalam waktu  kurang lebih satu setengah jam,  kegiatan bersih-bersih ini berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 387 KG lebih, yang didominasi  sampah plastik sedotan dan plastik bungkus minuman.

Sampah-sampah ini selanjutnya dibawa ke tempat Pemilahan Sampah Terpadu Pemerintah Kota Bontang.

Laporan: Mansyur

 

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.