PKT, Topik  

Ikuti Job Fair Bontang 2023, Pupuk Kaltim Buka Kesempatan Magang

Bontang. Dorong terbukanya pasar kerja secara terbuka dan transparan, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) fasilitasi sekaligus mendukung penuh terselenggaranya Job Fair Bontang 2023, sebagai jembatan bagi para pencari kerja sesuai kebutuhan perusahaan, instansi maupun lembaga yang ada di Kota Bontang.

SVP SDM Pupuk Kaltim Ardi Harto Mulyo, mengatakan Job Fair tahun ini merupakan sarana efektif untuk menjaring potensi sumberdaya andal di tingkat lokal Bontang, untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja di berbagai bidang. Termasuk peluang pengembangan kapasitas dan kompetensi masyarakat, agar makin mampu bersaing dengan daerah luar.

Hal ini menjadi salah satu fokus Pupuk Kaltim dengan turut membuka kesempatan pemagangan bagi warga Bontang melalui Job Fair 2023, untuk disiapkan sebagai SDM andal dan berkompeten sesuai kebutuhan dunia industri.

“Nantinya, para peserta akan dilatih dan ditempatkan di berbagai unit kerja perusahaan, guna meningkatkan kompetensi dan kapasitas bidang ilmu yang dimiliki,” ujar Ardi, saat pembukaan Job Fair Bontang di Gedung Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim, Selasa (24/10/2023).

Dijelaskan Ardi, Pupuk Kaltim terus berupaya meningkatkan partisipasi dan kontribusi dalam mendorong peningkatan daya saing SDM lokal, agar mampu berkompetisi dan bersaing secara nyata di pasar kerja. Menurut dia, SDM lokal memiliki kualifikasi dan kemampuan yang tidak kalah dengan daerah luar, sehingga patut didukung agar putra daerah mampu mengisi kebutuhan tenaga kerja di berbagai bidang.

Hal ini pun ditindaklanjuti Pupuk Kaltim dengan memberikan kesempatan warga Bontang magang terbuka di unit kerja perusahaan, agar keterampilan yang dimiliki makin terasah serta siap untuk bersaing sesuai kebutuhan dunia industri.

“Pupuk Kaltim berharap Job Fair Bontang 2023 dapat menjadi jembatan bagi putra-putri lokal Bontang mendapatkan kesempatan bersaing di pasar kerja, sehingga masyarakat mandiri dan sejahtera secara perlahan mampu diwujudkan,” tambah Ardi.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bontang Abdu Safa Muha, menyampaikan Job Fair 2023 diikuti oleh 30 perusahaan di Kota Bontang, untuk membuka kesempatan langsung bagi warga lokal mencari peluang kerja secara fair dan transparan.

Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi perusahaan membuka program pengembangan kapasitas masyarakat melalui pemagangan, sertifikasi dan pelatihan seperti halnya Pupuk Kaltim, guna mendorong terciptanya kualitas sumberdaya manusia yang andal di berbagai bidang.

“Gagasan utamanya, Job Fair ini tidak hanya sekadar menjembatani peluang kerja, tapi juga program pelatihan dan pengembangan kapasitas SDM oleh perusahaan, untuk disiapkan sebagai tenaga terampil sesuai kebutuhan pasar kerja,” tutur Abdu Safa Muha.

Menurut Safa Muha, hal ini ditujukan agar seluruh perusahaan maupun lembaga di Kota Bontang memiliki semangat yang sama dalam mendorong penguatan kapasitas masyarakat, sehingga kedepan SDM lokal makin mampu bersaing untuk mendapatkan peluang yang sama di pasar kerja.

Langkah ini juga upaya menurunkan angka pengangguran terbuka di Kota Bontang, dimana masyarakat dengan kapasitas dan kemampuan yang teruji akan memiliki kesempatan lebih luas untuk terserap di dunia industri.

“Itu tujuannya, agar saat ada rekrutmen terbuka SDM Bontang mampu bersaing secara sehat untuk mendapatkan kesempatan, didukung kompetensi dan kapasitas mumpuni dari hasil pemagangan maupun sertifikasi yang diikuti,” lanjut Safa Muha.

Wakil Wali Kota Bontang Najirah, mengaku sangat mendukung terselenggaranya Job Fair 2023 untuk membantu masyarakat mendapatkan pekerjaan secara terbuka. Dirinya pun mengapresiasi dukungan Pupuk Kaltim yang turut mensukseskan kegiatan, dengan membuka akses serta kesempatan bagi warga lokal untuk penguatan kapasitas sumberdaya manusia melalui program pemagangan.

Dirinya menilai hal ini bentuk komitmen Perusahaan terhadap program Pemkot Bontang terkait penguatan kapasitas masyarakat, sehingga kedepan kemandirian mampu terwujud seiring makin terserapnya SDM lokal di pasar kerja dan industri.

“Terlebih di masa sekarang, sumberdaya manusia terampil, memiliki kompetensi dan mampu mengimbangi kemajuan teknologi menjadi faktor penting mendapatkan peluang kerja. Sehingga adanya program pemagangan maupun pelatihan yang digelar, bisa mendorong kualitas SDM Bontang lebih berdaya saing,” ungkap Najirah.

Najirah menilai, keterlibatan perusahaan memberikan bekal kompetensi juga bentuk kesiapan daerah menciptakan sumberdaya terampil, agar tidak hanya menjadi penonton di tiap kesempatan yang terbuka. Sehingga adanya Job Fair 2023, diharap semakin menguatkan sinergi pemerintah dan dunia usaha, untuk saling dukung dalam menciptakan tenaga kerja yang sesuai bakat, minat serta keterampilan yang dibutuhkan.

“Kita harus bergegas merubah diri untuk menjadi tenaga kerja andal dan mandiri. Untuk itu Pemerintah bersama dengan dunia usaha memfasilitasi hal tersebut melalui Job Fair ini, agar kedepannya masyarakat mendapatkan kesempatan lebih luas di dunia kerja,” pungkas Najirah.(*)

Writer: Humas PKT