KPU Bontang Gelar Simulasi Pemungutan Suara Dengan Menerapkan Protokol Pencegahan COVID-19

Suasana simulasi pemungutan suara bertempat di TPS 10 (FOTO: Rudy/PKTV)

Bontang. Guna lebih memantapkan persiapan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 pada 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bontang menggelar simulasi  pemungutan suara bertempat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara. 

Simulasi dibuat seperti pemungutan suara yang sesungguhnya, dimana selain melibatkan para petugas, pengawas maupun pihak keamanan, simulasi juga melibatkan seluruh warga yang akan menggunakan hak  pilihnya di TPS 10 Kelurahan Bontang Baru.

Dikatakan ketua KPU Kota Bontang Erwin, proses simulaswi ini selain  bertujuan untuk  mengetahui sejauh mana evisiensi dan efektifitas  para petuga  dalam mengenal syarat protokol kesehatan di TPS , juga untuk melakukan ujicobal aplikasi  rekapitulasi secara elektronik (sirekap) perhitungan suara ditingkat TPS .

“Dalam simulasi ini, KPU juga menghadirkan PPK dan PPS se-Kota Bontang, dengan harapan para PPK dan  PPS akan menngetahui dan melihat langsung hal-hal baru yang akan terjadi dalam proses pemilihan ditengah pandemi seperti saat ini,” jelasnya.

Ditambahkan Erwin, bahwa seperti yang disimulasikan dalam kegiatan tersebut, saat pemilihan pada 9 Desember nanti, KPU juga akan menyediakan bilik  khusus bagi pemilih yang dalam pemeriksaan ditemukan suhu tubuhnya diatas 37,3 derajat.

“Selain itu KPU juga mensimulasikan berbagai kemungkinan  hal yang bisa saja  terjadi di TPS saat pemilihan  9 Desember mendatang,  seperti  menghadapi pemilih  yang  tidak ingin menggunakan masker,  menghadapi pemilih  yang menggunakan  masker tetapi beratribut pasangan calon yang seharusnya tidak diperbolehkan,   serta perlakuan dan pendampingan para pemilih disabilitas,” terangnya.

Dengan digelarnya  simulasi yang menerapkan protokol kesehatan cukup ketat ini, diharapkan oleh KPU  masyarakat akan  merasa nyaman untuk hadir menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing pada 9 Desember mendatang.

Laporan: Mansyur

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.