KPU Tetapkan Jumlah DPT Sebesar 121.646 Pemilih

Bontang. Komisi Pemilihan Umum (Kpu) Bontang akhirnya tetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (Dpt) Pilkada tahun 2015, sebanyak 121.646 pemilih.

Penetapan dilakukan dalam rapat pleno terbuka Rekapitulasi Hasil Perbaikan Daftar Pemilih Sementara dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap, di ballroom OakTree Hotel, Kamis (1/10/2015).

Dijelaskan Ketua KPU Bontang, Suardi. Jumlah ini didapatkan dari hasil verifikasi lanjutan akan hasil Daftar Pemilih Sementara (Dps), dengan melakukan sejumlah validasi data dilapangan.

Banyaknya data yang tak valid, dicocokan kembali ke lapangan guna verifikasi akhir daftar pemilih. Hingga diperoleh selisih sebesar 4.107 pemilih, dari total DPS sebelumnya mencapai 125.753 pemilih. Dengan komposisi jumlah pemilih laki-laki sebanyak 64.554, dan pemilih perempuan sebanyak 57.092 pemilih.

“Jumlah inilah yang sudah kita pastikan validitasnya, dan terdaftar sebagai pemilih tetap pada Pilkada Desember 2015 mendatang,” paparnya.

Hasil ini ditambahkan Suardi akan turut diberikan salinan pada setiap tim pasangan calon, sebagai rujukan data jumlah suara hasil Pilkada.

“ KPU akan berikan salinan DPT berupa soft file pdf pada tiap tim pasangan calon, sebagai bahan rujukan dan acuan data,” tambahnya.

Penurunan jumlah DPT dari hasil DPS, sebelumnya juga telah diprediksi oleh KPU Bontang. Mengingat banyaknya data ganda dan tidak valid yang kembali ditemukan pada masa verifikasi dilaksanakan. Sehingga dihapus dari daftar pemilih sementara sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap.

 

Laporan : Biroe Chai

Editor : Revo Adi M

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.