Kurangi Sampah, DLH Bontang Gelar Pelatihan Pengolahan Sampah 3R Bagi KSM

Bontang. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bontang mengadakan Sosialisasi Pelatihan Manajemen Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang bekerjasama menggandeng Komunitas Nol Sampah dari Surabaya. Pelatihan yang dimaksudkan agar para peserta mengerti untuk melakukan pengolahan sampah dengan cara Reuse, Reduce, Recycle (3R), sebagai upaya pengurangan sampah di Kota Bontang.

Pelatihan diadakan pada Senin (18/11/2019) di Balai Pertemuan Umum Kantor (BPU) Kecamatan Bontang Selatan yang diikuti 30 peserta dari 15 kelurahan yang ada, dengan menghadirkan Hermawan sebagai narasumber dari Komunitas Nol Sampah Surabaya.

Dikatakan Kepala Seksi Kemitraan dan Pemanfaatan Sampah DLH Bontang Riwan, pelatihan tersebut sebagai bentuk bimbingan teknis pengelolaan sampah 3R yang dimaksudkan untuk kelompok swadaya masyarakat di masing–masing kelurahan, dengan tujuan untuk mengolah sampah dengan cara 3R.

“Selama ini pengolahan sampah yang dihasilkan di setiap wilayah Bontang hanya sampai pada bentuk pemilahan saja kemudian dijual, namun dengan adanya pelatihan ini nantinya akan memberikan pengetahuan tambahan bagi KSM, sehingga sampah dapat didaur ulang kembali dan memberikan manfaat serta penghasilan tambahan bagi KSM,” jelasnya.

Lebih lanjut, Riwan menambahkan bahwa pelatihan dimulai dari pengolahan 3R, dan nantinya untuk teknis dalam hal pengolahan sampah dan pengomposan akan diadakan pada hari selanjutnya.

“Dari pelatihan ini diberikan materi seputar pengolahan sampah 3R dari cara memilah, mengolah, dan mendaur ulang dari Komunintas Nol Sampah Kota Surabaya yang telah direkomendasikan oleh provinsi,” terangnya.

Untuk diketahui bahwa jumlah sampah di Kota Bontang saat ini mencapai 98 Ton perhari, dan dengan teknik pengolahan sampah 3R maka dapat mengurangi 30% dari jumlah tersebut.

Laporan: Yahya

 

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.