Maming Keluhkan Pelayanan Pasien BPJS Kesehatan

Anggota Komisi I DPRD Bontang Maming (FOTO: Rudy/PKTV)

Bontang. Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang Maming, mengeluhkan buruknya pelayanan yang diberikan pihak Rumah Sakit (RS) terhadap pasien BPJS Kesehatan. Pasalnya, baik rumah sakit swasta maupun RS milik pemerintah kerap memberikan pelayanan yang berbelit-belit dan merugikan dari sisi waktu, bagi pasien yang menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Dikatakan Maming, Hal ini sangat jauh berbeda dengan pelayanan yang diperoleh oleh pasien yang menggunakan jaminan kesehatan dari perusahaan, maupun pasien yang memilih untuk membayar biaya pengobatan secara mandiri atau biasa disebut dengan pasien umum.

“Akhirnya saya tidak pernah pakai kartu BPJS Kesehatan saya karena membuang waktu. Harusnya BPJS Kesehatan bisa memperbaiki pelayanan umum di RS swasta maupun daerah,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Kepala BPJS Kesehatan Kota Bontang Laily Jumiati, mengaku tak menampik keluhan semacam itu. Menurutnya, pihaknya memang kerap kali menerima keluhan terkait pelayanan pasien BPJS Kesehatan. Meski demikian, keluhan tersebut langsung ditindaklanjuti pihaknya dengan melakukan penelusuran di rumah sakit. Adapun laily menyebut,

“Pada dasarnya kualitas pelayanan Rumah Sakit menjadi tanggung jawab Rumah Sakit, tetapi saya berharap agar Rumah Sakit dapat meningkatkan pelayanan mereka khususnya kepada pasien BPJS Kesehatan,” terangnya.

Sementara itu, berdasarkan data BPJS Kesehatan, cakupan kepesertaan jaminan kesehatan nasional telah mengcover seluruh masyarakat Kota Bontang. Dan jaminan kesehatan tersebut bisa digunakan di 5 rumah sakit yang ada di Kota Bontang.

Laporan: Sary | Rudy

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.