MTQ Tingkat Provinsi Kaltim ke-42 Resmi Dibuka

Wakil Gubernur Kaltim didampingi Wali Kota Bontang bersama Forkopimda Provinsi Kaltim menekan sirine tanda MTQ ke-42 resmi dibuka (FOTO: Rudy/PKTV)

Bontang. Bertempat di Arena Utama Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Bontang yang berada di Lapangan Bessai Berinta Lang-Lang, Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Katim) Hadi Mulyadi resmi membuka MTQ ke-42 tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (5/6/2021). Pembukaan tersebut dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Kaltim, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang, Forkopimda Kota Bontang, sejumlah kepala daerah se-Kaltim dan tamu undangan lainnya.

Wali Kota Bontang Basri Rase dalam laporannya selaku Ketua Pelaksana MTQ Tingkat Provinsi Kaltim ke-42 menyampaikan bahwa penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran alquran serta menegakkan syiar islam, untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.

Dimana dalam MTQ ini akan tampil qari-qariah, hafiz-hafizah, dan mufasir-mufasirah terbaik dari seluruh kabupaten/kota di kalimantan timur. Generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, yang kompetitif, dan yang berkarakter islami, sebagaimana akhlak Rasulullah.

“Dengan demikian, MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca alquran tapi jalan untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan alquran, meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka. Dan yang juga sangat penting, sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah,” ucapnya.

Basri berharap selama kegiatan MTQ yang akan dilaksanakan selama 7 hari tersebut,  seluruh partisipan sebanyak 200 orang  dewan hakim dan tim kerja provinsi, serta kafilah kabupaten/kota sebanyak 720 orang dapat selalu menjaga protokol kesehatan secara benar dimanapun dan kapanpun berada. Sehingga MTQ dapat sukses secara jasmani maupun rohani karena MTQ kali ini diadakan dalam kondisi Pandemi COVID-19.

“Akhirnya, saya ucapkan selamat mengikuti MTQ ke-42 tingkat provinsi Kaltim tahun 2021 di Kota Bontang kepada seluruh peserta, semoga keikutsertaan saudara-saudari sekalian memberi manfaat dan maslahat dalam mengembangkan syiar Islam di bumi Kalimantan Timur,” pungkasnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Katim Hadi Mulyadi, dalam amanatnya mengatakan bahwa semua kafilah dari seluruh daerah pantas menjadi juara, sehingga dirinya berharap semua kafilah dapat tampil dengan maksimal sehingga mencapai akhir yang diinginkan.

“Musabaqah ini tidak hanya mencari kemenangan, tapi yang lebih penting adalah menyampaikan syiar agama Islam di muka bumi ini, dan untuk menjalin silaturahmi diantara kita. Mudah-mudahan pertemuan ini menjadikan Kaltim, provinsi yang berjaya,” ungkapnya.

Mulyadi berharap para pemenang dari MTQ tingkat provinsi Kaltim nantinya dapat bersaing secara maksimal di MTQ tingkat Nasional yang akan diadakan di Kalimantan Selatan. Mulyadi mengatakan bahwa untuk para kafilah yang berhasil menjadi juara di ajang MTQ tingkat Nasional akan mendapatkan hadiah dari Provinsi yaitu Juara 1 sejumlah Rp.100.000.000, Juara 2 sejumlah Rp.50.000.000, Juara 3 sejumlah Rp.25.000.000, Juara 4 sejumlah Rp.15.000.000, Juara 5 sejumlah Rp.10.000.000 , dan Juara 6 sejumlah Rp.5.000.000.

Laporan: Rudy

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.