Pjs Wali Kota Bontang Gelar Press Conference Terkait Surat Edaran Penerapan dan Penegakan Disiplin COVID-19

Bontang. Melalui press conference secara online, Pjs Walikota Bontang Riza Indra Riadi kembali mensosialisasikan Surat Edaran Penerapan dan penegakan disiplin COVID-19 pada Senin (12/10/2020). Sosilasiasi tersebut dilakukan melihat kondisi saat ini pandemi COVID-19 masih terus menyebar, sehingga peran serta masyarakat dalam penekanan atau penurunan kasus positif COVID-19 sangat diperlukan.

Dijelaskan Riza bahwa tujuan dari surat edaran tersebut dibuat adalah untuk menekan penyebaran COVID-19 dengan cara mengurangi bukan melarang kegiatan berkumpul di masyarakat dengan cara meminta masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah kecuali ada keperluan yang sangat mendesak ataupun untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Juga membatasi kegiatan yang melibatkan banyak orang, tetapi apabila kegiatan yang melibatkan banyak orang tersebut tetap terlaksana maka diharuskan mengikuti protokol kesehatan. Selain itu, pegawai di lingkungan perkatoran diminta untuk tidak berkumpul pada saat jam makan dan para masyarakat yang membeli makanan di luar agar bisa take away.

“Untuk kegiatan seperti pernikahan, pemberkatan, atau acara sejenis diminta mengajukan surat rekomendasi kepada Dinas Kesehatan sebelum melakukan kegiatan tersebut, melaksanakan acara maksimal hanya 4 jam saja, melakukan pendataan pada tamu yang hadir, dan menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Dilanjutkan Riza, apabila ada masyarakat yang terpapar COVID-19, maka warga di sekitarnya diharapakan dapat membantu mengawasi dan memberikan dukungannya untuk pemenuhan kebutuhan pokok sesuai dengan kemampuannya. Sehingga tumbuh sikap peduli dan tanggung jawab semua pihak untuk menekan angka penyebaran COVID-19.

Masyarakat juga diminta untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin sebagaimana diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 21 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

“Tentunya kondisi pandemi COVID-19 ini dapat cepat berlalu tergantung dari kita semua, dari aparatnya, pemerintahnya, dan yang paling penting masyarakatnya. Demikian disampaikan untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” tutupnya.

Pada press conference tersebut hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Aji Erlynawati, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang Bahauddin, Dandim Dandim 0908/Bontang Letkol Arh Choirul Huda, dan Sekretaris Satpol PP Bontang Sutrisno.

Laporan: Rudy

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.