PKT Salurkan Bantuan Traktor Bagi Petani di Sarmi Papua

Bontang. Dukung optimalisasi tata kelola lahan pertanian yang produktif dan potensial, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) salurkan satu unit traktor bagi kelompok tani Desa Nengke, Distrik Pantai Timur Bagian Barat, Kabupaten Sarmi Papua. Bantuan diterima oleh Daerah Sarmi Elias N. Bakai pada Senin (26/7/2021).

Diungkapkan SVP Sekretaris Perusahaan PKT Teguh Ismartono, bantuan ini merupakan tindak lanjut upaya PKT untuk memperluas akses pangan masyarakat Papua, melalui program pemberdayaan SDM dan alam. Program ini melihat kebutuhan pangan Papua yang selama ini banyak didatangkan dari luar, sehingga perlu langkah strategis untuk meningkatkan kapasitas pertanian masyarakat melalui pendampingan pengelolaan lahan secara ideal dan produktif.

“Bantuan traktor merupakan bagian dari transfer teknologi dan pedampingan PKT bagi petani Desa Nengke, agar dapat mengolah lahan pertanian dan pembibitan secara optimal,” ujar Teguh.

Bantuan traktor juga melihat kesulitan kelompok petani kacang tanah setempat yang masih mengolah lahan secara tradisional, dengan luasan mencapai 10 hektare untuk komoditas kacang tanah. Dukungan teknologi diyakini lebih memudahkan petani untuk penggarapan lahan, sehingga pembibitan dan masa tanam bisa lebih cepat dari sebelumnya.

“Semoga bantuan traktor ini dimanfaatkan maksimal oleh petani, sehingga pembibitan dan masa tanam segera berjalan,” tambah Teguh.

Pembinaan bagi kelompok tani di Kabupaten Sarmi mencakup pendampingan budidaya berbagai jenis tanaman dan sayuran, dengan menciptakan 4 elemen ekosistem pertanian berkelanjutan, diantaranya budidaya bibit baru, transfer ilmu, transfer teknologi dan kepastian pasar.

Sebelum di Sarmi, pendampingan juga dilaksanakan PKT di Distrik Gresi Selatan Kabupaten Jayapura, dengan tahap awal melibatkan lebih dari 100 petani di dua wilayah tersebut.

“Pendampingan PKT berupa tata cara budidaya sayuran yang sebelumnya terbilang langka atau sulit diakses masyarakat. Komoditas yang dikembangkan antara lain bayam, kangkung, sawi, kacang panjang dan buncis,” lanjut Teguh.

Penyerahan bantuan berupa traktor kali ini merupakan bentuk kerja sama antara Pupuk Kaltim dengan Satgas Mandala selaku koordinator kelompok tani kacang yang ada di Distrik Nengke. Traktor ini diharapkan dapat bermanfaat dan dikelola dengan baik oleh seluruh anggota kelompok tani.

“Tidak hanya di Distrik Nengke ini, program serupa juga telah dijalankan di Distrik Klaisu Kabupaten Jayapura. Ke depan harapan kami bisa dilakukan secara menyeluruh di wilayah provinsi Papua dan Papua Barat,” terang Teguh.

Terkait transfer ilmu, PKT menggandeng para ahli pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM), untuk sosialisasi metode pertanian menetap dan berkelanjutan, agar ke depan lebih mudah memastikan ketersediaan pasokan komoditas. Begitu juga dengan kepastian pasar, PKT menyediakan offtaker untuk pembelian hasil pertanian secara kontinyu.

“Dari upaya tersebut diharap kesejahteraan petani bisa lebih meningkat, sebab pendampingan kita lakukan dari awal hingga pasca panen. Program ini pun akan terus diperluas PKT di berbagai wilayah lain di Papua,” pungkas Teguh.

Sumber: Humas PKT

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.