Polres Bontang : Lengkapi Surat Kendaraan, Jaga Keselamatan Dijalan

Bontang. Dalam upaya menjaga keamanan dan kenyamanan dalam berkendara selam mudik lebaran higga arus balik pasca lebaran mendatang, Satlantas Polres Bontang beri pengarahan kepada sejumlah sopir angkutan umum di Terminal Angkutan Darat Kilometer 6 beberapa waktu lalu.

Hal ini sengaja dilakukan Kepolisian, guna mengantisiasi dan menekan angka kecelakaan yang bisa saja terjadi selama arus mudik hingga arus balik lebaran tahun 2016. Jalanan yang padat, membutuhkan kehati-hatian pengendara, utamanya angkutan umum untuk dapat tertib berkendara, dan tidak ugal-ugalan dijalan.

“Ingat keselamatan penumpang dan diri selama perjalanan. Kondisi jalan yang padat selama lebaran butuh kehati-hatian yang ekstra selama berkendara,” papar Kasatlantas Polres Bontang, AKP Irawan Setyono.

Dalam kesempatan tersebut, Satlantas Polres Bontang turut melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan umum, termasuk kelengkapan surat-surat berkendara puluhan supir yang hadir dalam kesempatan itu.

Pemeriksaan kendaraan maupun administrasi kelengkapan berkendara menurut Kasatlantas sengaja dilakukan, agar pengemudi tidak melakukan pelanggaran di jalan. Begitupun dengan kelayakan kendaraan , dapat mengurangi resiko angka kecelakaan di jalan raya.

“ Selama ini setiap pemberangkatan angkutan umum yang membawa penumpang, kepolisian terus mensosialisasikan aturan dalam berlalu lintas guna mencegah terjadinya kecelakaan di jalan,” tambah AKP Irawan.

Dengan pemeriksaan kelayakan kendaraan serta kelengkapan surat kendaraan, dinilai sejumlah sopir angkutan juga sebagai bentuk jaminan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Agus Sutomo salah satunya, sopir angkutan umum ini mengaku dirinya tetap melayani penumpang pada hari lebaran, maka ia pun memastikan kondisi kendaraan dan kelengkapan surat kendaraan sebagai jaminan keamanan dan kenyamanan dijalan.

“ Bagusnya memang harus diperiksa, jadi seluruh kendaraan yang beroperasi benar-benar layak bagi penumpang. Kami sangat mendukung langkah Kepolisian,” paparnya. (*)

 

 

Laporan : Yuli & Nasrul

Editor : Maya Ch