Rayakan 10 Tahun STELR, PT KNI Gelar FGD Stem House Bontang

Bontang. Memperingati 10 tahun Science and Technology Education Leveraging Relevance (STELR), PT Kaltim Nitrate Indonesia (KNI) melalui program CSR di bidang pendidikan, pada Rabu (9/10/2019) menggelar Focus Group Discusion (FGD) dengan guru MGMP IPA tingkat SMP sederajat  program Ilmu Pengetahuan Bidang Sains, Technology, Enginering, and Matematics Stem House yang akan di bangun di Kota Bontang.

Pada perayaan yang di gelar di SMP Negeri 4 Bontang tersebut PT KNI mengundang langsung rombongan dari Australian Academy of Technological Sciences (ATSE). Anang Hendaya mewakili Manajemen PT KNI dalam sambutannya menjelaskan tentang PT KNI yang merupakan anak perusahaan PT ORICA dari Australia yang bergerak di bidang mining services. Dirinya mengatakan bahwa sudah seharusnya menjalankan operasional perusahaan dengan baik dan juga mampu berkontribusi kepada masyarakat.

“Salah satunya, PT KNI menjalankan program STELR yang sudah berlangsung sejak 2015 lalu, melalui program ini juga kota bontang menjadi satu- satunya kota mewakili Indonesia di bangunnya Stem House Pusat Sains dan Teknologi,” jelasnya.

PERWAKILAN ATSE PETER PETHLAND (FOTO: ARIS/PKTV)

Sementara itu, Peter Pethland dari ATSE yang membawa pesan dari rekan pencetus ide program STELR di Australia membacakan pesan tersebut kepada para siswa, bahwa untuk menikmati pembelajaran STELR tersebut, siswa dapat memulai dari mempelajari perubahan iklim yang mengancam bumi.

“Dari situ siswa dapat menggunakan beragam peralatan atau tegnologi untuk menyelamatkan bumi kita tercinta,” terangnya.

Senada dengan Peter, Helen Silvestre selaku Head of Program Casey Tech School Melbourne yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan, program Stem tersebut sangat penting. Melalui program tersebut, siswa diharapkan mampu menjadi generasi penerus yang paham teknologi.

“Siswa diharapkan mampu memecahkan suatu masalah dengan menggabungkan beberapa materi pembelajaran,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Akham Suharto dalam sambutannya mewakili Wali Kota Bontang mengucapkan selamat dan terima kasih atas program STELR yang sudah diterapkan PT KNI kepada guru MIPA dan siswa di beberapa SMP di Kota Bontang.

“Berbagai bantuan pun sudah diberikan PT KNI kepada Kota Bontang, diantaranya training sains bagi para guru, alat peraga, serta akan di bangunnya Stem House di Kota Bontang,” pungkasnya.

PENAMPILAN KONFIGURASI DARI PARA SISWA (FOTO: ARIS/PKTV)

Dalam perayaan STELR tersebut dimeriahkan dengan penampilan konfigurasi para siswa sebagai bukti kecintaan anak bangsa terhadap tanah air Indonesia.

Laporan: Rahma | Aris

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.