Siapkan SDM Berkualitas, Pupuk Kaltim Gelar Pelatihan Instalasi Listrik

Bontang. PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) terus berupaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya bagi tenaga kerja lokal Kota Bontang.

Terbaru, Pupuk Kaltim menggelar Pelatihan Kejuruan Instalasi Listrik Tenaga Program Mobile Training Unit (MTU), bagi belasan pemuda yang bermukim di wilayah Loktuan dan Guntung.

Pelatihan yang bekerjasama dengan LPK Sasana Widya tersebut digelar untuk menyiapkan tenaga kerja lokal yang siap pakai, handal dan berkualitas.

Menurut PLT Superintendent Bina Wilayah Departemen CSR Pupuk Kaltim Agus Hermanto, saat ini tantangan dalam dunia kerja khususnya sektor industri semakin berat dan ketat sehingga menuntut para tenaga kerja khususnya warga lokal, untuk memiliki skill dan kualitas yang mumpuni agar tidak kalah saing dengan tenaga kerja lainnya.

Agus mengatakan bahwa peningkatan kualitas SDM tenaga kerja lokal pun menjadi salah satu fokus pihaknya guna membantu penyerapan tenaga kerja yang merata di wilayah Bontang.

“Tidak hanya melalui pemberian pelatihan, support Pupuk Kaltim guna mendorong peningkatan kualitas SDM tenaga kerja lokal juga dilakukan dalam bentuk pemagangan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya,” ungkapnya.

Lebih jauh, agus menjelaskan bahwa melalui berbagai upaya tersebut, perusahaan mengharapkan adanya peningkatan skill, kompetensi dan kualitas tenaga kerja lokal sehingga siap untuk bersaing di dunia kerja khususnya pada sektor industri.

Dijelaskan oleh Elok Erma Arviari yang merupakan Pimpinan LPK Sasana Widya, pelatihan tersebut akan berlangsung selama 20 hari terhitung sejak 04 hingga 27 November 2019, para peserta yang berjumlah 16 orang akan memperoleh berbagai materi yang mampu menunjang kualitas mereka tentang listrik otomasi industri.

“Terlebih para peserta pelatihan tersebut juga akan dibimbing oleh instruktur berpengalaman di bidangnya,” terangnya.

Sementara itu, Muhammad Rafi yang merupakan peserta pelatihan mengatakan bahwa pelatihan yang diikutinya tersebut disambut antusias oleh para peserta. Pasalnya, berbagai materi dan ilmu yang disampaikan di pelatihan tersebut tidak mereka dapatkan saat dibangku sekolah dulu.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat dalam menunjang skill dan kompetensi kami sebelum memasuki dunia kerja,” pungkasnya.

Selain menggelar pelatihan kejuruan instalasi listrik, sebelumnya Pupuk Kaltim juga turut menggelar pelatihan dibidang pengelasan hingga komputer, dengan menyasar para pemuda-pemudi Bontang yang akan memasuki dunia kerja.

Laporan: Faisal

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.