Hut-Kaltim-2022

Sungai Dahlia Bakal Dijadikan Kolam Penampungan Air

  • Share

Bontang. Sungai Dahlia yang melalui sejumlah kawasan di Kota Bontang diwacanakan akan dimanfaatkan sebagai kolam penampungan air. Wacana tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengendalikan permasalahan banjir di Kota Bontang yang kian hari semakin bertambah parah.

Hal ini disampaikan Kepala Seksi Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK), Bambang Permadi.

Dikatakan Bambang, pemanfaatan Sungai Dahlia sebagai kolam penampungan ini bakal diusulkan pada penyusunan rencana induk atau master plan pengendalian banjir kota bontang, yang akan digarap pada tahun ini. Nantinya jika disetujui untuk dimanfaatkan sebagai kolam penampungan, maka Sungai Dahlia diyakini akan mampu menampung air hingga ratusan ribu meter kubik.

Untuk sementara waktu Sungai Dahlia memang sengaja tidak difungsikan sampai adanya penataan di kawasan tengah sungai, lantaran pada bagian tengah sungai mengalami penyempitan. Sehingga jika difungsikan akan terjadi banjir di bagian tengah,” jelasnya.

Writer: Sary
Banner-Mitros-web-ok
  • Share