Varian Delta Dinyatakan Telah Masuk Ke Kota Taman, Warga Diharapakan Perketat Prokes

Bontang. Dari 33 sample pasien COVID-19 yang dikirimkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indobnesia (RI) pada tanggal 22 Juni 2021, diketahui ada 3 sample yang terjangkit varian Delta. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Bontang Dasuki melalui konfrensi pers yang dilakukan Tim Gugus COVID-19 Bontang pada Rabu (21/7/2021).

Dasuki menjelaskan bahwa 3 sample yang dinyatakan terjangkit varian delta tersebut terdiri dari Perempuan berusia 18 tahun dan 9 tahun yang merupakan warga Kelurahan Belimbing serta Laki – laki usia 22 tahun yang diduga terjangkit saat melakukan isolasi di salah satu hotel di Kota Bontang.

“Dari 33 sampel yang kita kirim, 3 orang yang dinyatakan positif varian Delta, yaitu 2 orang perempuan dan 1 laki – laki, ” ungkapnya.

Melihat hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang Bahauddin, yang ikut serta dalam konfrensi pers tersebut mengajak masyarakat untuk memperketat protokol kesehatan agar tidak sampai tertular COVID-19 dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Dikatakan Bahauddin penyebaraanya virus varian Delta jauh lebih cepat dari sebelumnya tetapi memiliki masa sembuh yang sama dengan varian sebelumnya, dan saat ini Dinkes terus memonitoring adanya kemungkinan varian baru lainnya masuk ke Kota Taman.

“Secara umum tidak ada perbedaan masa penyembuhan dengan varian sebelumnya, masa isoman sama saja. Tapi memang harus waspada, karena untuk yang memiliki komorbid dan daya tahan lemah, masa perburuknnya makin cepat,” jelasnya.

Ditambahkan Bahauddin, untuk 3 orang yang samplenya dinyatakaan positif saat ini telah dinyatakan sembuh.

Laporan: Rudy

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.