Yan Harapankan Masyarakat Pedalaman dan Pesisir Segera Mendapatkan Vaksinasi

Anggota DPRD Kutim Dapil III Yan (FOTO: Dimas/PKTV)

Sangatta. Sejak akhir Januari 2021 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah melangsungkan pemberian vaksinasi COVID-19 kepada pejabat publik, dengan alasan pemberian vaksinasi tersebut dapat membentuk imun dalam tubuh. Namun pada awal pemberian vaksin untuk masyarakat masih menemui jalan buntu pasalnya banyak beredar berita HOAX terkait vaksin itu sendiri, sehingga sangat sulit mendapatkan data para penerima vaksin, khususnya data Lansia yang ada di Kutim.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim dari Dapil III Yan, mengatakan vaksinasi untuk lansia serta guru masih dianggap kurang sukses karena belum mencapai target yang diharapkan, dimana hingga saat ini target untuk keduanya masih belum mencapai 50%. Tetapi untuk antusias masyarakat untuk mendapatkan vaksin terutama di Kecamatan Telen menurutnya cukup besar, dimana warga di sana sangat menginginkan untuk mendapatkan kesempatan melakukan vaksinasi.

“Khususnya warga yang ada di Kecamatan Telen dan sekitarnya sangat menginginkan untuk di vaksinasi, saya berharap agar warga Kecamatan Telen dan kecamatan lainnya yang ada di pedalaman dan pesisir Kutai Timur bisa segera vaksin,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bahrani, menjelaskan bahwa dikarenakan adanya berita HOAX yang tersebar di masyarakat terkait vaksinasi pada awal sosialisasinya menjadi kendala untuk Dinkes mengajak masyarakat melakukan vaksinasi. Tetapi saat ini, semua itu berubah, dimana sertifikat vaksin diperlukan untuk melakukan perjalanan dan ditambah pemahaman masyarakat terkait vaksin sudah lebih bagus, sehingga saat ini apabila ada kegiatan vaksinasi maka masyarakat berbondong-bondong datang untuk mengikutinya.

“Saat ini vaksinasi tidak hanya digelar oleh pemerintah tetapi juga oleh TNI-Polri, dimana digunakan 2 jenias vaksin yaitu  Sinovac dan AstraZeneca. Harapannya vaksinasi ini bisa mencapai target yang diharapkan dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.

Laporan: Dimas | Shena

 

 

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.