146 Calon Jamaah Haji Bontang Batal Berangkat Tahun Ini

Kantor Kemenag Bontang (FOTO: Mansyur/PKTV)

Bontang. Calon Jamaah Haji Kota Bontang tahun 1441 Hijriah atau 2020 Masehi, dipastikan gagal berangkat tahun ini. Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam surat keputusan Mentri Agama Republik Indonesia Nomor  494 Tahun 2020 tentang  pembatalan keberangkatan Jemaah Haji, yang diterima Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Bontang pada Selasa (2/6/2020).

Dikatakan Kepala Kantor Kemenag Bontang Muhammad Isnaini, adapun jumlah calon jamah haji bontang yang batal berangkat tahun ini adalah sebanyak 146 orang dan ditambah 2 orang pendamping. 

Dibatalkanya keberangkatan calon jamaah tahun ini adalah karena  hingga tanggal 1 Juni 2020 Pemerintah Arab Saudi belum membuka akses pelayanan penyelenggaran ibadah haji, sehingga pemerintah tidak memilki waktu yang cukup  untuk melakukan persiapan dan pelaksanaan pembinaan, pelayanan dan perlindungan bagi Jamaah Haji secara aman, nyaman tertib dan sesuai dengan ketentuan syariat.

Hal tersebut dikarenakan wabah COVID-19 yang melanda hampir seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia dan Arab Saudi.

“Saya berpesan kepada para jamah, agar dapat bersabar menghadpi situasi ini,karena pembatalan keberangkatan haji tahun ini tidak terjadi terhadap calon Jamaah Haji Indonesia saja, melainkan terhadap calon Jamaah Haji seluruh dunia,” ungkapnya.

Disinggung tentang tahapan persiapan haji yang sudah dilakukan, Isnaini mengatakan bahwa calon Jamah Haji Bontang tengah melewati semua tahapan  dan  bahkan telah melunasi tabungan haji, serta telah siap untuk berangkat, namun karena  wabah COVID-19  keberangkatannya pun dibatalkan, dan  ditunda tahun berikutnya.

Laporan: Mansyur

 

 

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.